PJJ Inovatif Jenjang TK Kabupaten Bojonegoro

PJJ Inovatif Jenjang TK Kabupaten Bojonegoro

Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ dari rumah juga dilaksanakan di jenjang TK Kabupaten Bojonegoro, kali ini mengambil tema alat komunikasi/HP yang disampaikan oleh TK At-Taqwa dan TK Dinar Inovatif di ruang siar Radio Malowopati FM lantai 2 Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Kabupaten Bojonegoro Selasa (17/03/2021). Kembali dipandu penyiar Lia Yunita, siaran ini dapat diikuti secara live youtube melalui website lppl.bojonegorokab.go.id, dan juga bagi Mitra Setia Malowopati dapat berinteraksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

Kegiatan belajar dari rumah untuk jenjang Taman Kanak-kanak ini dilaksanakan oleh IGTKI Kecamatan Bojonegoro di bawah pimpinan koordinator wilayah pendidikan Kecamatan Bojonegoro yaitu Bapak Drs.H.Sucipto, M.Pd .
Ibu Umi Kulsum dari TK At-Taqwa dan Ibu Ita Shofi dari TK Dinar Inovatif Kelurahan Sumbang pertama mengajak pesera didik bernyanyi biar senang dan tambah semangat kemudian berdoa terlebih dahulu. Pertama akan belajar mengenal dan menyebut macam-macam benda langit dan menyebut penciptanya, indikator yang ingin dicapai dalam bidang pengembangan kegiatan belajar Bidang Seni Kreatifitas Kognitif dan Fisik Motorik , Ibu Ita menjelaskan alat komunikasi ada 2 macam yaitu alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern contoh alat komunikasi tradisional yaitu surat, kentongan, Koran sedangkan alat komunikasi modern yaitu TV , Radio, Hp , Telepon . alat komunikasi adalah hal yang penting diera sekarang, terangnya.

Tentunya alat komunikasi ini sekarang sudah ada di setiap rumah masing-masing apalagi hp sekarang setiap orang memilikinya karena manfaatnya hp bagi kehidupan kita diera sekarang ini untuk komunikasi jarak jauh seperti menelepon saudara yang ada di luar kota, HP untuk media internet yang bisa digunakan mencari berbagai informasi yang kita inginkan, HP bisa digunakan untuk alat mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang sedang kita lakukan, HP untuk sarana belajar jarak jauh pada saat pandemi seperti ini

“Membuat Replika HP dari bahan kardus dan kalender bekas” mengandung indikator kegiatan pembelajaran ini adalah anak mulai mengenal berbagai konsep bentuk geometri yaitu persegi, anak memiliki perilaku mencerminkan sikap kreatif dan inovatif, anak mampu mengekspresikan kebanggaan bisa membuat suatu hasil karya, anak mampu mengenal angka 1 sampai 10.

Meniru dan menyanyikan lagu alat komunikasi indikator yang dicapai dalam pembelajaran ini adalah anak mampu meningkatkan sikap kreatifitasnya terhadap seni suara , anak mampu menambah banyak kosa kata baru, anak mampu mengenal arti dari lirik lagu kalimat Thoyibah Alhamdulilah , meniru huruf HP dengan media sedotan, membuat replika HP , menyanyi lagu alat komunikasi pembelajaran mudah di dapat dari rumah dan tak lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga 5 M yaitu Rajin cuci tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Membatasi mobilitas dan interaksi, dan menjahui kerumunan. Saat ini seluruh guru dituntut untuk bisa membuat PJJ yang inovatif agar peserta didik tidak mengalami kebosanan dalam menjalani proses belajar jarak jauh di masa pandemi ini. (Nuty/Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *